Serikat Pekerja PLN Jateng dan DIY Ancam Sabotase Listrik

September 9, 2013 @ 3:33 pm
pekerja-pln

Jakarta, EnergiToday -- Serikat Pekerja PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengancam akan menyabotase atau memadamkan listrik secara serentak pada hari ulang tahun perseroan, 27 Oktober mendatang.


"Sabotase itu sudah menjadi keputusan bulat kami dalam rapat akbar yang dihadiri 79 rayon yang membawahkan 10.111 pekerja," kata Ketua Umum Serikat Pekerja Independen Outsourcing PLN Jateng dan DIY, Suwardiyono, di Semarang, Minggu (8/9), seperti dikutip dalam Harian Tempo.


Rencana melakukan sabotase ini berkaitan dengan kebijakan perusahaan yang akan melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap para karyawan alih daya (outsourcing) pada 31 Oktober mendatang.


Atas kebijakan sepihak itu, Suwardiyono menuding PLN telah melanggar Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 19 Tahun 2012, yang melarang kebijakan alih daya bagi pekerja teknis yang memiliki keahlian khusus.


Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Semarang, Gunawan Saptogiri, mengakui pihaknya telah menerima pengaduan dari pekerja PT PLN. Ia berjanji pihaknya akan mempertemukan pihak manajemen dengan perwakilan pekerja hari ini. (RR/KT)


Beri komentar

Email anda tidak akan ditampilkan
*) Wajib diisi

*